Inilah Sunnah-Sunnah Dalam Melakukan Salat Seperti yang Rasulullah Lakukan

Posted By akmal on Jumat, 22 September 2017 | September 22, 2017

sunnah salat seperti rasulullah
Photo taken by : aboutislam.net


Salat merupakan sesuatu hal yang wajib hukumnya di lakukan oleh seluruh ummat yang beragama islam, barang siapa yang tidak melakukannya maka orang tersebut akan mendapatkan hukuman dari Allah SWT. Orang yang meninggalkan salat akan mendapatkan azab yang sangat pedih.

Begitu pula sebaliknya orang-orang yang melaksanakan salat akan mendapatkan pahala yang besar. Bahkan jika kita melaksanakan salat seperti Rasulullah maka pahala yang kita dapatkan akan lebih banyak dan kita juga harus iklas dalam melakukannya, jangan sekali-kali hanya mengharapkan pahala saja.

Ketahuilah bahwa sesungguhnya setiap orang yang melakukan ibadah sunnah akan di sayang oleh Allah swt. Dan orang tersebut juga akan mendapatkan kasihh sayang dari Rasulullah saw saat berada di hari kiamat nanti. 

Seperti dalam Firman Allah : “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (balasan kebaikan pada) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah” (QS al-Ahzaab:21).

Sunnah dalam melakukan salat itu ada banyak, oleh karena itu kita di anjurkan melakukan segala sunnah tersebut supaya amal ibadah salat yang kita lakukan menjadi lebih sempurna dan Allah akan sayang kepada orang yang suka melakukan sunnah.

Inilah beberapa sunnah dalam melakukan salat :

 
sunnah dalam melaksanakan salat
Photo taken by : muslimmarriageguide.com

Mengangkat Kedua Tangan Saat Takbiratul Ihram


Ketahuilah bahwa orang yang mengangkat tangannya ketika takbiratul ihram maka orang tersebut sudah melaksanakan sebuah sunnah seperti yang Rasulullah lakukan saat salat. Boleh saja seseorang melaksanakan salat tanpa mengangkat kedua tangannya, tapi alangkah lebih baik jika kita melaksanakan seperti apa yang Rasulullah lakukan.

Mengangkat kedua tangan saat ruku’
Ketika kita hendak melakukan ruku’ maka orang yang sedang melaksanakan salat dianjurkan untuk mengangkat kedua tangannya, karena dengan mengangkat tangan kita akan mendapatkan pahala sunnah.

Mengangakat Kedua Tangan Saat I'tidal


I’tidal merupakan bangkit dari ruku’. Saat kita sudah melakukan ruku’ maka hendaklah untuk mengangkat kedua tangan, karena dengan mengangkat kedua tangan ketika bangkit dari ruku’ juga merupakan sunnah seperti yang Rasulullah lakukan.

Setiap orang yang tidak mengangkat kedua tangannya saat i’tidal maka salat orang tersebut tidak akan batal akan tetapi salat orang tersebut akan lebih sempurna jika melaksanakan hal tersebut.

Mengagkat Tangan Saat Bangkit Rakaat ke Tiga


Ketika kita sudah melaksanakan salat sampai rakaat kedua sehingga kita akan bangkit untuk rakaat ketiga maka hendaklah untuk mengangkat kedua tangannya. Karena hal tersebut juga merupakan salah satu sunnah seperti yang Rasululullah lakukan dalam salat.

Merapatkan Jari Saat Mengangkat dan Menurunkan Tangan Saat Melakukan Takbir


Hal ini juga merupakan salah satu sunnah dalam salat. Caranya yaitu dengan merapatkan jari jemari kita saat hendak melakukan takbir tersebut, jangan sampai jari jermari kita jarang, karena jika jari jemari kita jarang atau terbuka saat melakukan takbir maka hal tersebut tidak bisa di katakan menjadi sunnah.

Menghadapkan Jari ke Arah Kiblat


Maksud disini yaitu ketika kita melakukan takbir maka arahkan telapak tangan ke arah kiblat dengan lurus sehingga kita akan mendapatkan pahala sunnah dalam salat.

Atau ketika kita bangkit dari sujud ( tasyahud awal / akhir ) maka hendaklah mengarahkan jarinya ke arah kiblat dengan lurus.

Mengangkat Tangan Sejajar Dengan Bahu Atau Telinga


Yakni yang di maksudkan disini ialah ketika kita melakukan takbir maka hendaklah mengangkat kedua tangan kita hingga sejajar dengan bahu kita atau sejajar dengan telinga.

Serta arahkan telapak tangan menuju kiblat ( kakbah ). Ini merupakan salah satu sunnah juga seperti Rasulullah lakukan.

Meletakkan Tangan Kanan di Atas Tangan Kiri


Yang dimaksud pada poin ini adalah ketika kita sedang berdiri ( takbiratul ihram ) maka letakkanlah tangan kanan kita di atas tangan kiri.

Lebih tepatnya genggamlah pergelangan tangan kiri menggunakan tangan kanan supaya kita mendapatkan pahala sunnah dari Allah SWT.

Memandang ke Tempat Sujud


Saat kita sedang melakukan ibadah salat maka untuk mendapatkan sunnah dalam salat kita jangan pernah memandang ke arah lain melainkan ke tempat sujud kita.

Setiap orang yang melakukan salat dan memandang ke tempat sujud maka salat orang tersebut akan menjadi lebih kusyu’ ( fokus )

Kedua Kaki Tidak Terlalu Rapat


Maksud dari poin ini adalah ketika kita sedang berdiri maka jangan rapatkan kedua kaki untuk mendapatkan pahala sunnah.

Akan tetapi renggangkanlah kaki sejajar dengan bahu ( tidak terlalu lebar ) supaya saf ( barisan ) dalam salat menjadi rapi.

Baca Dengan Tartil dan Renungkan


Yakni untuk mendapatkan pahala sunnah dalam salat kita juga harus membaca ayat dengan benar dan baik.

Serta renungkan ayat yang dibaca tersebut supaya salat yang kita laksanakan menjadi fokus tanpa memikirkan hal-hal yang lain.

Itulah sunnah-sunnah yang harus di lakukan dalam salat supaya ibadah salat kita menjadi lebih sempurna. Beberapa hal di atas tersebut adalah contoh-contoh seperti yang Rasulullah SAW lakukan dalam melaksanakan salat. 
Blog, Updated at: September 22, 2017

0 komentar:

Posting Komentar

Ads

Translate

Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog